Selasa, 23 Oktober 2012

Cerita Unik "Serba 5000"

Ada yang unik ketika saya menjalani hari - hari disini..di kabupaten Rote Ndao dipulau Rote,pulau terluar Indonesia.. yang sedikit lagi udah nyampe Australia nih...
Karena setiap hari saya menyiapkan masakan untuk keluarga kecil saya ( saya dan suami), saya berbelanja kepasar setiap hari untuk membeli bahan - bahan makanan, seperti sayuran dll.. (maklum, disini sonde ada kulkas,jadi yaa harus belanja setiap hari deh..)

Yang unik disini yaitu, setiap saya berbelanja kepasar,dan saya bertanya berapa harganya...hampir semua bahan makanan diharga 5000. "Berapa harga bawangnya mamak?" 5000, "berapa harga ini...itu...mamak?" 5000... wah, na kok semua 5000 yaa??

Disini jarang sekali pedagang yang menggunakan hitungan kilogram.. Kebanyakan menggunakan satuan kaleng (kaleng bekas susu yang kecil itu lho...). Mulai dr bumbu2 masak,biji2an seperti kacang hijau,jagung dll, semua diharga perkaleng susu kecil 5000 rupiah,sampai - sampai buah jg per biji diharga 5000,sayuran pun begitu, 2/3 ikat diharga 5000. 

Nah yang anehnya lagi, Suatu ketika saya pernah mau membeli sayur hanya 2 ikat,tp sama penjualnya g boleh..harus 5000 ibu.. nanti susah ngitungnya, begitu katanya...aneh banget sih ya..he .. Pernah lagi suatu hari, (karena setiap belanja saya selalu diantar dan ditemani suami saya), saya pernah bertanya kepada penjualnya harga seikat singkong ( seikat 3 singkong), waktu penjualnya belum menjawab suami saya sudah bilang dulu "pasti harganya 5000"... eh, beneran, penjualnya menjawab harganya 5000.. haha, emang nih pasar...harusnya namanya diganti bukan "Pasar Metina", tapi pasar serba 5000"..hehe

Ternyata banyak hal unik disini,salah satunya yaa ini, semua serba 5000.. hemmmm...Atau jangan2 disini hanya tau uang pecahan 5000an y??he.. Tapi mungkin juga karena mereka g mau ribet ngapalin harga kali yaa.. :D


@Kantor KP2KP Ba'a (numpang ngenet dikantor) hihi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar