Senin, 07 Juli 2014

Jadilah Mahasiswi Kebidanan yang "Cantik"

     Hari ini saya melihat banyak sekali permasalahan tentang Mahasiswi di kampus nih..Dari mulai semangat, penampilan , cara belajar, pemahaman, dan orientasi mereka tentang kuliah.. Jadi pengen sharing sedikit tentang bagaimana menjadi mahasiswi yang kalau boleh saya bilang menjadi mahasisiwi "Cantik"..

   Sebenarnya yang ingin saya bagi disini adalah dari pengalaman yang saya jalani dulu dan keinginan - keinginan yang belum saya jalankan sih.. Makanya saya berharap mahasiswi sekarang itu jauh lebih baik dari jaman saya dulu..Jangan sampai semkin berkembangnya teknologi malah mebuat mahasisiwi kebidanan semakin buruk.
   
     Kata "Cantik" yang saya maksud disini bukan bermakna cantik dari wajah dan penampilan saja, tapi "Cantik" dari keseluruhan diri, meliputi semangat dari diri, prilaku, juga sikap dan sopan santunnya. Kenapa saya pakai kata cantik, karena sudah jelas kalau mahasiswi kebidanan itu adalah seorang wanita (pengertian bidan sendiri aja juga seorang wanita).


Tips menjadi mahasiswi Kebidanan yang "Cantik" ala saya yaitu :

  • Tanamkan pada diri semangat untuk menjadikan diri selalu lebih baik, dan terbaik dari yang lain.
  • Saat melangkahkan kaki keluar dari rumah niatkan untuk belajar. ingat "Anggap diri anda adalah gelas yang telah terisi oleh air, dan siap untuk ditambah air, apabila anda merasa air yang anda tampung sudah cukup, coba berfikir anda harus menyiapkan gelas yang baru" Jadi hal tersebut akan membuat anda tidak merasa anda sudah cukup pintar dan malas untuk belajar.
  • Berpenampilanlah serapi mungkin. Untuk yang berhijab, tata hijab sehingga tidak akan mengganggu aktivitas anda, apalagi kalau kegiatan dikampus adalah kegiatan praktik. Untuk yang tidak berhijab, pasang hairnet dan jepit poni sehingga rapi. Gunakan pakaian sesuai yang sudah ditentukan oleh aturan kampus. Jangan mencoba untuk "Nyleneh", karena untuk itu sudah ada waktunya ketika anda diluar kampus.
  • Perhatikan dan pahami apa yang diajarkan oleh dosen dikelas dengan baik, berusaha siapkan pertanyaan untuk setiap materi yang diajarkan, baik pertanyaan yang anda belum ketahui jawabannya, untuk memastikan, atau untuk sekedar sharing saja.
  • Siapkan kertas untuk mencatat setiap hal - hal yang diajarkan dan menurut anda penting juga mudah terlupa, tidak harus dalam buku yang rapi, yang penting anda paham dengan apa yang anda tulis. Setelah sampai tiba saat belajar malam dirumah, buka catatan itu, dan salin dalam buku yang rapi, sehingga dari kegiatan itu anda akan mereview apa yang anda dapatkan ketika dikelas tadi. Lakukan itu setiap hari.
  • Belajarlah diwaktu yang teratur, sehingga akan menjadi kebiasaan yang mudah untuk dilakukan.
  • Untuk yang sudah berkecimpung didunia peng-askeb-an dan KTI, usahakan kerjakan tugas - tugas tersebut dengan baik, dalam waktu yang sesuai jadwal ( lebih cepat lebih baik), dan segera konsultasikan dengan dosen pembimbing.
  • Sebelum menghadap dosen pembimbing untuk konsultasi, persiapkan apa yang akan anda konsultasikan. Jangan sampai anda ditanya tentang apa yang anda kerjakan dalam askeb / KTI tersebut anda tidak tahu.
  • Apabila ada revisi, pada saat konsul berikutnya bawa hasil konsultasi yang direvisi oleh dosen dan hasil yang sudah anda revisi, jadi pembimbing akan tahu apa yang kemarin sudah direvisi dan anda juga tidak akan repot - repot lagi menerima revisi tentang hal yang lain.
  • Selalu lemparkan senyum ketika bertemu dosen dan staff dkampus. Ucapkan salam ketika masuk ruangan mereka. Tidak lupa jaga hubungan baik dengan dosen agar mempermudah semua urusan yang berhubungan dengan akademik.
  • Jaga hubungan baik dengan sesama teman,jaga komunikasi agar anda tidak pernah ketinggalan berita,terutama mengenai tugas.
  • Jaga sikap dan prilaku ketika dilahan praktek,jangan sampai dengan prilaku anda yg tidak sesuai dengan aturan merusak nama baik institusi dan merugikan diri anda sendiri.
  • Evaluasi hasil belajar anda setiap hari, apabila anda merasa masih ada yang kurang dari semua yang sudah anda kerjakan, coba anda lihat bagaimana pola belajar dari mahasiswi yang lebih baik dari anda, siapa tahu ada hal - hal positif yang mereka lakukan tetapi belum anda lakukan.

      Itu semua sedikit sharing dari saya yang sebagian besar sudah saya jalankan dan membawa saya sampai di titik sekarang ini. Untuk anda semua mahasisiwi kebidanan, Selamat mencoba, dan Semoga Sukses !! :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar