Kamis, 25 September 2014

Im' 21 months...

       Saya ingat - ingat kayaknya belum pernah nulis tentang Syahdan niih..
Alhamdulillah sudah selama ini saya diberi kepercayaan untuk membesarkan syahdan... meski lima bulan terakhir ini saya bagi waktu bekerja. Alhamdulillah masih punya waktu untuk selalu mengamati pertumbuhan dan perkembangannya. 

      Sekarang syahdan sudah pinter, dia mengerti kalau bapak ibunya setiap pagi harus kerja. Waktu dipamitin dia tidak menangis, dulu menangis hanya waktu seminggu pertama karena mungkin belum terbiasa dengan mbak yang ngasuh dia.

      Alhamdulillah juga sejak kira - kira hampir dua bulan yang lalu Syahdan sudah mau minum susu. Jadi badannya lumayan isi dan jadi tidak gampang sakit. Sebenarnya saya juga tidak bangga punya anak blm ada 2 tahun tapi sudah lepas ASI, tapi apa boleh buat, beberapa bulan yang lalu setelah saya tinggal bekerja, produksi ASI semakin menipis, dan syahdan sering sakit.Waktu saya ajak diklat Prajabatan di Malang pun syahdan sampai sempat opname. Pas dijengukin mbahnya, dan mbahnya tidak tega, akhirnya diajak pulang ke Mranggen selama hampir 2 bulan . Dan dari situ karena saya terpisahkan dari Syahdan, produksi ASI saya pun berhenti, dan syahdan langsung lepas ASI. 
Ditempat mbahnya Syahdan alhamdulillah selalu ceria, makan juga doyan, badannya sudah tidak sekurus sebelumnya, tapi sayangnya kurang asupan susu karena dia tidak mau minum susu formula. Malah sama mbahnya selalu dikasih minum teh. Tapi untungnya dari teh itu syahdan mau minum susu.  

     Wah jadi banyak cerita flashback nih... habisnya belum pernah tulis tentang perkembangannya siih.. Sebenernya sudah sejak hamil ingin selalu menuliskan perkembangan Syahdan, tapi sayangnya gara - gara sibuk ngurusin syahdan dan pekerjaan rumah jadi lalai dengan keinginanku dulu. Baru sekarang deh ingin mulai rutin menuliskan perkembangannya, semoga saja tidak terlambat.

     Awalnya waktu syahdan suka minum teh, trus lihat botol dot, dan minta minum teh dari dot. Setelah saya lihat Syahdan menikmati sekali minum tehnya pakai dot sampai habis satu botol. Dari situ deh baru kepikiran mengganti tehnya itu dengan susu. Alhamdulillah Syahdan mau.. dan sy coba 3 kali ganti merek susu pun syahdan masih mau. Nah dari situ Syahdan mulai banyak minum susu. Satu hari bisa 6 - 7 botol. Langsung deh badannya tidak kurus lagi, meski belum gemuk juga. Dan jadi tidak gampang sakit. Maka dari itu kenapa sekarang saya lebih bahagia syahdan minum sufor ketimbang tidak sama sekali.

     Tapi beruntungnya tanpa ASI syahdan masih tetap semakin cerdas. Kosakata yang dia punya sudah semakin banyak. Karena giginya pun sudah banyak (16) kata - kata yang dia ucapkan juga semakin jelas. Sekarang banyak hal yang bisa dia lakukan sendiri. Syahdan sudah bisa nyendok makanan sendiri, minum dengan cangkir, gosok gigi, siram air waktu mandi, gosok - gosok sabun, lotion, diminta tolong untuk mengambilkan ataupun menyimpan sesuatu. Dan sudah bisa menerima kata - kata yang kita jelaskan. Semakin hari Syahdan semakin membuat kita bangga.

     Dia juga sudah mulai mau belajar sholat dan mengaji. Mau pakai sarung dan peci setiap bapak ibunya sholat.. Melihat itu saja kita sudah bangga sekali, apalagi yang lain lainya bisa dia lakukan.. Awalnya karena bapaknya kalau dirumah selalu memakai sarung, Syahdan pengen juga pakai sarung dan minta ke bapaknya. Sama bapaknya dipakein deh sarung bapak, kebesaren tapi tetep ganteng juga..


     Trus akhirnya kita berangkat beliin dia sarung sama peci. Waktu sholat magrib dia langsung minta dipakein sarung n pecinya. Habis itu diajak sholat bareng bapaknya, karena saya sedang berhalangan dan tidak sholat. Karena sebelumnya dia lagi makan brem, dan tidak mau dilepas bremnya, akhirnya sholat sambil pegangin itu brem. Eh baru rokaat pertama malah syahdan g nglanjutin sholat dan sibuk dengan bremnya.... haduuuh... adeek ni... 
     Truuus... beberapa kali kita sholat malam dia ikut terbangun dan minta sholat, minta dipakein sarung juga. Akhirnya kita ajakin Syahdan sholat. Lucunya niih, biasanya Syahdan tu ikut jengkang jengking, tapi kali ini syahdan hanya niruin sujud satu kali habis itu duduk kaki selonjor dan diem aja... hehe.. kayaknya nih dia pengen ikut sholat tapi masih ngantuuk... hehe.. lucu banget sih kamu dek...

Sampai sini dulu postingan about Syahdan yang pertama. Mau pulang kerumah dulu istirahat siang. Bisa ketemu Syahdan... :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar