Selasa, 19 Juli 2011

Ujung, namun bukan sebuah akhir..

Hemb.. g kerasa ieg kuliah udah 3 tahun..
Kemaren liat ujian SiPenMaRu mengingatkanku pada masa - masa 3 tahun yang lalu.. inget waktu aku daftarin diri di Poltekkes Depkes Semarang. Padahal ni..g pernah terlintas sedikitpun keinginan untuk sekolah dibidang kesehatan.. e.. tiba – tiba aja pengen daftar kebidanan..
Trus pagi – pagi berangkat ikut ujian SiPenMaRu di Gor Patriot Kodam IV Diponegoro.. Menikmati soal demi soal, dan berhasil menyelesaikannya.. Habis itu desek – desekan liat pengumuman lolos uji tulis, yang akhirnya seneng karena namaku tercantum disitu.. CHARISMA DESTRIKASARI dengan nomor ujian A2211310471.. haha

Tapi waktu itu sempet bingung juga karena ada pengumuman SNMPTN kalo aku diterima di jurusan Kesehatan Masyarakat di sebuah perguruan tinggi negeri.. Hemb.. tapi tak apalah, lanjutkan saja berjuang di kebidanan.. Madep mantep pokoknya..
Namun ujian masuk belum berakhir.. dilanjutkan tes kesehatan.. Waktu itu ada cerita lucu plus memalukan nih.. Waktu aku mau ujian kesehatan pake nangis dulu karena salah tempat.. (gara – gara dikasih informasi sama orang yang yang salah nih). Mana pegawai kampus pusat yang galaknya minta ampun.. huh.. (Awas ya bu kalo kita ketemu lagi, gentian tak bentak – bentak kamu..haha..). Ceritanya gini, kan aku udah datang dan mengantri mau tes kesehatan dikampus pusat, antrian panjang udah aku ikuti sampe kaki dempor karena berdiri. Trus waktu udah dapet giliranku tapi aku ditolak, dimarahin sama petugas yang mendata mau tes kesehatan. Orang itu ngomel – ngomel dan menuruhku harus berangkat ke kampus pilihan (kampus V prodi kebidanan Magelang) saat itu juga.. Gila aja, berapa jam perjalanan aku harus nyampe sana..
Trus aku diajakin masuk keruang direktur kampus pusat, ditelponin ke kampus V dan ternyata test kesehatan dilaksanakan pada hari berikutnya..

Huah.. udah lumayan lege nih, walaupun tadi dah sempet nagis-nangis..hehe (jadi malu). Lalu pagi hari berikutnya aku diantar oleh Bapak ke Magelang untuk ikut tes kesehatan. Seminggu kemudian pengumuman keluar, dan Alhamdulillah aku diterima di Kebidanan Magelang..
Akhirnya… aku bisa mulai kuliah di kampus hijau mungil tercinta..


********

Huahhhh.. udah jadi anak kuliahan nih.. (Kayaknya bakal menikmati kebebasan, dan tak seberat masa – masa SMA).. Walaupun di SMA jg udah lumayan bebas sih.. Pulang sekolah g pernah gasik (minimal jam 3 sore).. main dulu maksudnya.. hehe.
Tapi kalo bayangin anak kuliahan kayaknya bakal lebih nikmat nih.. Bisa pake baju tanpa harus seragam. Mau pake baju model apa aja juga bisa.. Jadwal kuliah g harus dari pagi sampe siang tiap hari.. G harus ngerjain PR tiap hari pula.. (bayangan anak SMA..hihihi)

Tapi SALAH BESAR.. Jadwal kuliah ternyata lebih padat merayap, dari pagi jam 07.30 sampai jam 17.00 WIB. Dan setiap hari seperti itu. Bayangan pakai baju bebas juga hilang, ternyata kuliahnya pake seragam dari ujung kepala sampai ujung kaki. Hemb.. bener – bener semua bayangan waktu SMA musnah.. xixixixi. Dan yang lebih mencengangkan lagi.. tternyata diawal masuk kampus aja sudah serasa ditindas…huah, menyebalkan..

Dimulai dari pembekalan untuk kegiatan PPS (Pengenalan Program Studi). Bener – bener sebuah perjuangan tingkat awal.. Baru pembekalan aja udah disuguhin gaya – gaya OSPEK dengan suasana yang kental akan senioritas.. (g penting banget pokoknya).

Dimana 3 hari berturut – turut hanya dipenuhi tugas, berangkat pagi – pagi buta dan pulang malem (kayak hantu takut matahari deh).. harus menggunakan seragam standart item putih, rambut ber hairnet, pake sepatu fantovel 5 cm, ikat pinggang hitam min 5 cm, kaos kaki putih selutut.. berrr…

masih ada sitem senior yunior.. (gila aja,, jaman sekarang masih ada kayak gitu.. huh).
Untung waktu PPS udah punya banyak temen yang kompak, suka hore-hore tapi tetep focus dengan berbagai tugas.. TOP buat tim “Presumptif Sign”.. Kelompok PPS dengan gaya suka nyanyi “ mama mama you can see.. “ (Opo kui?? )hihi..
Buat Bintari, Arra, Ipeh, Riska, Yua, Shella, Robi, dan Vivi, Ingatkah kalian temen – temenku waktu kita berjuang di PPS??
Sebenernya banyak foto kenangan PPS yang bisa diupload disini,, tp karena sebuah alasan (dulu belum berjilbab) jadi g tak upload deh.. :))


********

Menikmati masa – masa awal kuliah.. langsung deket sama sahabat tersayang.. sampai kapanpun aku tak akan melupakan persahabatan kita teman…
Suka tidur dikelas karena g terbiasa dengan system belajar yang hanya dengerin dosen ngoceh.. (hihi). G kebayang deh, ngantuknya dikelas dengan cara belajar yang begitu berbeda dengan di SMA. Cuma disuruh duduk, liat slide, dengerin dosen nyampein materi.. *sambil teklak tekluk entah nyawa mampir kemana*. Mending – mending kalo dosen yang ok, yang bisa nyampein materi sambil mengulas hal – hal yang berkaitan tentang materi tersebut, menceritakan hal – hal yang menarik. Tapi ada juga dosen yang Cuma bisa baca slide tok (kita mah bisa belajar sendiri bu kalo Cuma baca gitu..).Sampai akhirnya bisa merasakan yang namanya praktek lapangan, bersiap meninggalkan kursi tidurku dikelas.. (xixixi)
Sebelum terjun kelapangan, kita harus melakoni acara keramat angkat janti dan pemasangan Cap or “Caping Day”.. (9 Juli 2009). Setelah itu berpindah – pindah tempat praktek sampai – sampai kita pantas disebut sebagai mahasiswi no maden..
Dari magelang, Temanggung kota sampai Temanggung yang pucuk gunung, Salatiga, Banyumas dan Purwokerto yang penuh dengan orang – orang ngapak.. Tapi asyik.. aku jadi bisa mengerti apa yang disebut dengan perbedaan yang memperkaya Negara Indonesia..


********

Tak terasa, sudah banyak kisah, pengalaman, cerita suka duka yang aku lalui.. Dari masalah tugas yang sejak awal sudah ditargetkan untuk selesai.. Mungkin kalau dibukukan bisa tebel sekali..
Sekarang udah jadi senior,, (eh, bahkan udah mau jadi alumni ding.. :)). Panjang sekali kisah yang sudah berhasil aku taklukan..

Kini, 3 tahun sudah aku jalani semuanya, dan Alhamdulillah bulan-bulan ini akan menjadi penghujung perjuanganku di D3.. (Namun bukan akhir dari perjuangan menggapai cita - citaku)
Apalagi beberapa minggu ini, seneeng dan lega banget rasanya…
karena dengan BANGGA aku bisa menyelesaikan tugas target laporan askeb setumpuk yang boleh juga buat bantalan waktu tidur, sudah berhasil mendapatkan ACC Karya Tulis Ilmiah yang ampun deh kalo mau konsul pake ngantri Kaprodi yang super duper sibuk.. *Tetep semangat yaa ibu Kaprodiku yang imut-imut…*. Udah melewati yang namanya ujian OSCA, trus ujian sidang KTI. Dan sekarang ini adalah waktunya untuk mempersiapkan langkah berikutnya..

InsyaAllah aku bisa melewati segala haling rintang yang masih menanti.. dan pasti aku diberi jalan yang mudah..
InsyaAllah… Semoga berhasil.. minta doanya yaa semua…

@Kost Ijo, 19.07.2011 08.00 WIB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar