Rabu, 06 Juli 2011

INTISARI
HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SUAMI DENGAN LAMA PROSES PERSALINAN KALA II DI WILAYAH KERJA
PUSKESMAS MUNGKID MAGELANG
TAHUN 2011


Charisma Destrikasari (1), Mundarti, S.Pd, S.SiT, M.Kes.(2)

Penyebab langsung kematian ibu adalah perdarahan, preeklamsi/ eklamsia, infeksi, partus lama dan komplikasi abortus (Saifuddin, 2002). Partus lama rata – rata di dunia menyebabkan kematian ibu sebesar 8% dan di Indonesia sebesar 9% (Saifuddin, 2006). Salah satu langkah utama untuk menekan angka kematian ibu tentunya bagaimana mencegah terjadinya partus lama. Pencegahan tersebut bisa dilakukan dengan memberikan dukungan psikologi pada ibu saat persalinan, karena salah satu hal yang mempengaruhi psikologi ibu saat persalinan yaitu dukungan / support. Dukungan yang penuh dari anggota keluarga penting artinya bagi seorang ibu bersalin terutama dukungan dari suami sehingga memberikan support moril terhadap ibu (Kartini, Kartono 1986:192). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan suami dengan lama proses persalinan kala II di Wilayah Kerja Puskesmas Mungkid Magelang.

Metode penelitian observasi analitik dengan pendekatan cross sectional. Tempat penelitian di Wilayah Kerja Puskesmas Mungkid Magelang. Subyek penelitian ibu yang melahirkan normal di Wilayah Kerja Puskesmas Mungkid Magelang. Sampel yang didapat adalah accidental sample. Pengukuran dukungan suami dan lama proses persalinan kala II berdasarkan hasil lembar observasi peneliti.

Sebagian besar responden mendapatkan dukungan penuh, dan mengalami proses persalinan kala II normal. Hasil analisis chi-square didapatkan nilai p (0,128) > 0,05, serta nilai χc2 (2,25) < χ2 tabel (3,841) yang artinya bahwa tidak ada hubungan antara dukungan suami dengan lama proses persalinan kala II di Wilayah Kerja Puskesmas Mungkid Magelang tahun 2011.

Penelitian ini tidak dapat membuktikan adanya hubungan antara dukungan suami dengan lama proses persalinan kala II. Diharapkan untuk penelitian selanjutnya agar memperhatikan faktor – faktor yang mempengaruhi persalinan selain factor psikis.


Kata Kunci : Dukungan Suami, Lama Proses Persalinan Kala II.




(1) : Mahasiswa Prodi Kebidanan Magelang
(2) : Dosen Prodi Kebidanan Magelang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar